Rahasia Dibalik Game Pac-Man

Posted by tekno September 5, 2012 0 comments


Setelah bertahan selama lebih dari 30 tahun, saat ini game Pac-man masih terbilang mampu untuk menjadi magnet bagi para penggemarnya setelah sukses dirilis pada hampir semua platform gaming generasi terbaru maupun pada perangkat mobile yang banyak ditemui di pasaran.


Sebuah prestasi yang mengagumkan bagi sebuah game yang saat ini bisa dibilang teknologinya sudah cukup ketinggalan jaman. Namun bukan tanpa sebab, karena game besutan Toru Iwatani itu memang sukses menjaring para penggemarnya dengan memadukan 2 elemen yang  cukup diminati dalam sebuah game, yaitu kesederhanaan dan kreativitas tantangan.

Tetapi bahkan ikon yang paling terkenal pun memiliki rahasia dibalik kesuksesannya.

Dikutip Paktua dari Yahoo! Games, pada acara Game Developers Conference yang diadakan beberapa pekan lalu di San Fransisco, sang kreator game, Toru Iwatani, membeberkan beberapa rahasia karakter ciptaannya itu kepada para penggemarnya.

Berikut adalah 5 rahasia paling mengejutkan yang dibeberkan oleh sang kreator :

1. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memperoleh perhatian dari perempuan

Meski saat ini bisa dibilang penggemar game dari kalangan perempuan tidak sedikit, namun cukup banyak game pada akhir tahun 1970  yang merupakan sesuatu yang eksklusif untuk para pria. Iwatani ingin mengubah hal ini, ia ingin menciptakan sesuatu yang bisa menarik bagi para perempuan dan keluarganya.

"Alasan saya membuat Pac-Man adalah karena kami ingin menarik minat gamer perempuan," katanya. "Dulu, tidak ada game (yang dimainkan) dirumah. Orang harus pergi ke arcade center untuk bermain game. Itu adalah tempat bermain untuk anak laki-laki. Disitu kotor dan bau. Jadi kami ingin memasukkan gamer perempuan , sehingga (tempat itu) akan menjadi lebih bersih dan cerah . "

2. Masing-masing hantu memiliki perintah khusus

Ketika Anda bermain game, mungkin tampak seolah-olah empat hantu secara aktif mengejar Anda. Itu tidak sepenuhnya benar. Iwatani sengaja untuk tidak memprogram mereka seperti itu, karena itu akan mengakibatkan Pac-Man berkeliaran pada layar dengan empat hantu selalu mengejar di belakangnya.

Sebaliknya, hanya Blinky, si hantu merah, yang selalu mengejar Anda sepanjang permainan. Pinky, si hantu pink, hanya ingin memposisikan diri pada suatu titik sejauh 32 piksel di depan mulut Pac-Man. Hantu biru, Inky, hanya berusaha memposisikan diri di beberapa tempat sama. Dan Clyde, si hantu kuning (atau orange), selalu bergerak secara acak.



Karena pemain selalu menggerakkan Pac-Man, sedangkan para hantu selalu berubah arah untuk mencapai tujuan mereka, maka hal itu menjadi tambahan tantangan dalam permainan tersebut.


3. Apa, tepatnya, arti nama "Pac-Man" ?

Anda mungkin pernah mendengar cerita tentang sebuah pizza dengan salah satu potongannya yang hilang telah menginspirasikan desain Pac-Man. Tetapi ternyata hal tersebut membuat permainan Pac-man dirancang seluruhnya dengan tema makanan.

"Saya berpikir tentang sesuatu yang mungkin menarik gadis-gadis," kata Iwatani. "Mungkin cerita tentang pria atau hal yang ada hubungannya dengan fashion. Namun, perempuan suka makan makanan penutup.. Istri saya sering melakukannya! Jadi kata 'memakan' memberikan saya petunjuk untuk membuat permainan ini."

Hal tersebut kemudian berlanjut menjadi nama game. Dalam bahasa Jepang, "puck puck" adalah serupa dengan orang Amerika mengatakan "munch munch". Jadi nama asli (Puck-Man) diterjemahkan sebagai "Munch Man". (Namun Midway Games secara resmi merubahnya menjadi Pac-Man ketika permainan tersebut menjadi hit di AS untuk mencegah pengacau yang mengubah bagian dari nama pada huruf "P," yang dapat membuat arti nama menjadi tidak sopan.)

4. Ada bagian yang hilang dari permainan

Pac-Man dirancang untuk menjadi sesederhana mungkin, untuk menarik khalayak luas. Keterbatasan teknologi pada tahun 1980 membuat hal ini menjadi sedikit lebih mudah untuk dicapai. Iwatani sekarang merasa senang dengan hal ini, tapi pada saat itu, ada satu hal lagi yang dia inginkan untuk ditambah ke dalam permainan.

"Saya ingin mempunyai sebuah tempat berlindung yang akan bergerak ke atas dan ke bawah," katanya. "Ketika hantu datang, hantu akan terjepit oleh tempat berlindung tersebut yang akan menjelekkan hantu itu."

5. Para hantu hampir saja hanya memiliki satu warna

Mungkin akan sangat sulit untuk menggambarkan Pac-Man tanpa adanya hantu yang berwarna warni saat ini, tetapi ketika game tersebut sedang dikembangkan, Iwatani mengakui ia saat itu dipaksa untuk mengubahnya.

Presiden Namco memerintahkan dia untuk membuat hantu menjadi satu warna (yaitu merah, supaya lebih sesuai) karena ia percaya pemain akan bingung karena beberapa hantu, mungkin, akan dikira sekutu Pac-Man.

Iwatani menolak perintah tersebut dan dalam kuesioner yang ditujukan kepada para penguji-coba game, yang berisi pertanyaan apakah mereka akan lebih memilih hantu warna tunggal atau empat. Tidak seorang pun menginginkan pilihan satu warna. Yang pada akhirnya meyakinkan sang presiden bahwa dia salah.

Sumber : http://www.paktua.com/artikel/game/6-5-rahasia-penting-pacman-terungkap
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Rahasia Dibalik Game Pac-Man
Ditulis oleh tekno
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ujangnana.blogspot.com/2012/09/rahasia-dibalik-game-pac-man.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Buku Tamu

Ads

Popular Posts

SEO

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

Sitemap Submiter

  • Contributors

    Total Pageviews

    Friends

    Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of U-7 Web Blog.
    free counters